Wednesday, September 29, 2010

AYAM GORENG "MBAH CEMPLUNG", Ayam Goreng Lezat di Selatan Jogja

Ada apa dengan Warung Ayam Goreng Mbah Cemplung? Sajian ayam kampung kemanggang dicolok resep bumbu khas Jawa warisan Mbah Cemplung.

Letaknya di desa Sendang Semanggi, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul sekitar 8 kilometer dari pusat kota Yogyakarta atau sekitar 10 menit dari gapura desa Kasongan (sentra kerajinan gerabah terbesar di Yogyakarta).

Warung Ayam Goreng Mbah Cemplung menempati bangunan sederhana berarsitektur Jawa dengan udara khas pedesaan. Memang untuk mencapai lokasi warung, anda harus melewati pedesaan menuju arah Gunung Sempu.

Ayam goreng dibuat dengan resep Jawa peninggalan Mbah Cemplung. Namun, ia meninggal lima tahun yang lalu. Kini, keluarganya yang mengelola warung ini.

Olahan ayam di warung Mbah Cemplung terkenal empuk dan gurih bercitarasa khas Jawa. Pemilik warung sengaja memilih ayam kampung kemanggang atau dhere yang umurnya sekitar 3 bulanan dengan berat di atas 1 kilogram. Ayam kampung yang terkenal memiliki tekstur lebih keras dibandingkan dengan ayam potong terasa sangat empuk ketika disajikan di warung ini.

Ukuran potongan daging ayam kampung memang tak sebesar daging ayam potong tetapi sudah cukup mengenyangkan makan siang anda. Ayam Goreng Mbah Cemplung disajikan bersama sambal pedas dan nasi mengepul yang menambah selera makan. Selain ayam, ada juga tempe bacem. Tidak ada sayur, hanya irisan ketimun. Anda dapat memilih sambal matang atau sambal mentah sebagai teman santap. Harga satu porsi ayam goreng berkisar antara Rp 11.000 sampai Rp 13.000.

Warung Ayam Goreng Mbah Cemplung adalah tempat yang menarik untuk menghabiskan waktu santap siang. Selain anda dapat membeli kerajinan di Kasongan, anda bisa mendapatkan makan siang di sini. Tetapi anda harus bersabar untuk dapat menikmati sajian ayam goreng karena banyaknya pelanggan setiap harinya. Warung ini dibuka pada jam 7 pagi sampai jam 6 sore.

Sekali anda menikmati sajian ayam goreng Mbah Cemplung, anda akan ketagihan untuk kembali berkunjung ke warung ini. Bukan tentang ukuran ayam, tetapi tentang rasa kelezatannya.

Redaksi www.tourjogja.com


Lihat Peta.






  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP