Tuesday, October 5, 2010

Jogja Java Carnival 2010












Tanggal : Sabtu, 16 Oktober 2010

Tempat : Malioboro.

Pada penyelenggaraannya kali ini, rencananya Jogja Java Carnival 2010 akan diikuti oleh setidaknya 1.000 peserta yang terdiri dari seniman dan berbagai elemen masyarakat. Mereka akan berpawai dari Taman Parkir Abu Bakar hingga finish di Alun-alun Utara Yogyakarta pada Sabtu, 16 Oktober 2010 mendatang.

Hal tersebut terungkap dalam sosialisasi terkait penyelenggaraan Jogja Java Carnival (JJC) 2010 oleh Walikota dan Wakil Walikota Yogyakarta bagi Camat se-Kota Yogyakarta di Restoran Gazebo Purawisata, Jl. Brigjen Katamso Yogyakarta, Senin malam (20/9).

Wakil Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti menyatakan optimisnya terkait penyelenggaraan JJC 2010 yang akan lebih meriah daripada dua penyelenggaraan sebelumnya.

"Yang akan membuat lebih meriah adalah ketika 900 hingga 1.000 orang peserta akan turut dalam JJC 2010. Mereka akan tampil di floating vehicle yang akan dihias dengan lampu-lampu dan didukung dengan sound system," katanya.

Dengan tema 'Harmonight' yang merupakan akronim dari harmony night atau malam yang harmoni, kegiatan yang digelar sebagai ikon hari jadi Kota Yogyakarta itu diharapkan mampu menghadirkan dua hal yang mungkin berbeda, tapi sebenarnya bisa disatukan, yakni budaya dan pertunjukan.

Sedangkan tagline 'Tunjukkan Jogja Banget' diharapkan mampu memberikan semangat bagi masyarakat Kota Yogyakarta dalam memeringati dan merayakan hari jadi kotanya yang ke-254 mendatang.

"Yang lebih penting adalah bagaimana pada penyelenggaraan JJC tahun ini, masyarakat Kota Yogyakarta bisa turut berpartisipasi. Bentuknya nanti bisa berupa turut memasang lampion di 45 kelurahan yang ada. Selain itu juga akan ada festival kesenian antarkelurahan," tuturnya.

Sementara itu Ketua Tim Kreatif Jogja Java Carnival (JJC) 2010, Altianto menyatakan, kegiatan yang menghabiskan dana APBD Kota Yogyakarta sebesar Rp 2 miliar itu, selain menampilkan atraksi seni budaya, rencananya juga akan menampilkan sejumalah aksi yang merespon tema lingkungan hidup.

"Nanti akan ada globe yang mengangkat tema lingkungan dan menggugah kesadaran kita akan global warming. Selain itu, juga akan ada floating vehicle yang mengangkat tema golong gilig, serta sejumlah atraksi seni yang menggambarkan bahwa Jogja adalah kota yang terbuka dan bisa menerima pluralitas," tuturnya.

Rencananya, Jogja Java Carnival 2010 akan kembali digelar pada Sabtu malam (16/10) mendatang dengan menempuh rute dari Taman Parkir Abu Bakar hingga finish di Alun-alun Utara Yogyakarta. Pada perjalanannya, peserta pawai akan berhenti di empat titik yang memungkinkan mereka untuk melakukan atraksi seni masing-masing komunitas.

Seperti pada penyelenggaraannya sebelumnya, Jogja Java Carnival 2010 juga akan diikuti oleh peserta dari luar negeri. Tahun ini, peserta dari luar negeri yang telah memastikan diri untuk ambil bagian adalah dari Thailand dan Suriname. Panitia masih memberikan kesempatan bagi peserta dari negara lain untuk turut serta dalam Jogja Java Carnival 2010.

Sumber. http://jogjajavacarnival.com



  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP