Friday, September 24, 2010

Museum Ullen Sentalu

Museum ini terletak di tempat bersejarah Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. Kata dari 'Ullen Sentalu adalah singkatan dari bahasa Jawa yang' bLENcong ULating SEjatiNing TAtaraning LUmaku ', jika diterjemahkan secara kasar berarti' Cahaya Kehidupan Pada Perjalanan Hidup Manusia. "

Museum ullen sentalu adalah salah satu museum seni budaya jawa di Yogyakarta. Museum ini terinspirasi oleh cinta seorang yang dibesarkan di lingkungan keluarga pengusaha batik dan tekstil. Pada 1970-an, batik kuno dikejar oleh kolektor, kemudian orang-orang pencinta batik mendirikan sebuah yayasan untuk menyelamatkan batik kuno. Mereka memilih Museum Ulen Sentanu sebagai museum yang menampilkan dan mengikuti beberapa batik kuno. Upaya ini telah mendapat respon positif dari anggota 4 Kerajaan Dinasti Mataram. Mereka menjadi pendukung diantaranya adalah, Sri Paduka Paku Alam VIII (Pengageng Pura Paku Alaman 1937-1998), Sunan Pakubuwono XII (Sultan Kasunanan Surakarta 1945-2004), Ratu Gusti Kanjeng Alit KGPH Poeger (Paman Sri Sultan HB X Ngayogyakarta Hadiningrat 1989 ), dan GRAY Nurul Kusumawardhani (Putri Permaisuri Sri Mangkunegara VII).

Museum Ullen Sentalu menerima pemberian barang-barang pribadi untuk melengkapi koleksinya. Di museum ini, Anda dapat melihat naskah dan foto-foto sejarah istana serta gambar yang menarik lainnya serta dokumen peristiwa pada masa kolonial. Ada berbagai artefak, dan lukisan minyak , termasuk potret berbagai sultan maupun keluarga mereka.

Detail dari museum ini didominasi oleh arsitektur indah yang konsep untuk menyelaraskan alam dan manusia. konseptor adalah DR. KP. Samuel Widyadiningrat.

Museum Ullen Sentalu mempunyai dua bangunan utama, pertama Guwa Selo Giri (bangunan bawah tanah) dan kedua, Desa Kambang (kompleks bangunan di atas air kolam). Desa Kambang dibangun dari Bale Sekar Kedaton, Pendapa Pengantin Jogja tempat, Batik Yogyakarta tempat dan tempat Surakarta dan pesisiran tempat Batik. Koleksi museum disimpan di Guwa Selo Giri dan Kampung Kambang.

Buka setiap hari Selasa - Minggu jam 09.10 - 15.30 WIB. Fasilitas lain yang mendukung museum: taman, toko seni, galeri, restoran dan panduan.

Museum Ulen Sentalu
Alamat: Jl. Boyong Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, Indonesia.
Telepon: (0274) 895161, 880158


Lihat Peta.


  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP