Wednesday, September 22, 2010

LOTEK COLOMBO, Salad Asli Indonesia

Berjalan di tengah kota Yogyakarta, anda akan melihat sebuah warung terkenal yang menjual lotek. Lotek adalah nama makanan yang menggunakan kacang dan sayuran sebagai bahan baku utama mereka. Lotek Colombo terletak di Jalan Moses Gatotkaca atau dikenal dengan nama daerah Mrican. Lotek Colombo menjual 'lotek' dan 'gado-gado', makanan tradisional yang terbuat dari campuran sayuran dan kacang yang ditumbuk halus.

Namun, Anda harus bersabar untuk menunggu 15-20 menit untuk sepiring lotek dan gado-gado karena jumlah pesanan dari pelanggan setiap hari cukup banyak. Satu pelayan dapat membuat lotek dan gado-gado untuk 9-10 pesanan. Apa anda bisa membayangkan bagaimana pelayan yang melayani pesanan sampai 10-12 orang pada saat yang sama? Mari kita lihat bagaimana lotek atau gado-gado dibuat. Pertama, memakai kacang kacang tanah goreng, bawang merah, garam, merica, cabe dan gula merah di dalam sebuah cobek, kemudian ditumbuk halus agar merata dengan baik. Kedua, masukan sayuran yang telah dikukus terlebih dahulu, dan kemudian campuran kacang tanah yang telah ditumbuk halus. Pelayan dari Lotek Kolombo dapat membuat 10-15 porsi lotek pada saat yang sama.

Tumbukan kacang digunakan sebagai saus bumbu dan bayam, kubis, kacang, wortel dan mentimun sebagai sayuran mereka. Anda dapat melihat beberapa variasi gado-gado memakai bakwan goreng, krupuk dan telur diatasnya. Beberapa orang mengatakan bahwa bumbu kacang di gado-gado lebih manis dari lotek.

Lotek Kolombo buka dari pukul 10.00-16.00 WIB. Anda cukup membayar Rp. 6000, - untuk menikmati satu porsi lotek dan untuk gado-gado Rp. 7000, -. Lotek Colombo juga telah membuka kios cabang di Sagan dan Babarsari.

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP